Hubungan islam dengan seni

by

Terkadang masih ada pandangan bahwa Islam tidak memiliki apresiasi sedikit pun terhadap kesenian, khususnya seni rupa, film dan jenis-jenis seni pertunjukan lainnya: musik, teater, dan tari. Inilah pandangan yang kaku, dan merupakan produk yang berasal dari masa lalu. Sedangkan di seberang yang lain: menafikan Islam memiliki kontribusi terhadap perkembangan kesenian. Sehingga tak ada yang layak disebut “seni Islam”.

Namun pengalaman yang tak bisa dipungkiri, Islam justeru berkembang melalui kreasi-kreasi kesenian. Islam yang hidup tak hanya melalui ibadah-ibadah ritual saja, tapi kesenian pula yang meniupkan nafas kehidupan bagi Islam. Melalui kesenian—yang merupakan puncak kreasi manusia—Islam menjadi lebih manusiawi, membumi, di samping ia membawa ajaran-ajaran Ilahi.

Islam jelas sangat menghargai seni,tapi dalam hal ini masih dalam koridor yg masih dianggap wajar,tp kalau seandainya melewati batas yg telah disyariaatkan alquran jelas akan sangant diharapkan,contoh dalam hal ini musik dalam beberapa pendapat ulama adalah mubah tp ada juga yg mengharamkan,tp kalu seandainya musik tersebut disertai goyangan yang mengundang gairah jelas di haram.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: