Hakikat rizki dalam interaksi bersama Al Qur’an

by

Dalam kehidupan ini, Allah SWT telah menetapkan rizqi untuk seluruh makhluknya, tanpa terkecuali. Bentuk rizqi yang diberikan Allah SWT kepada makhluknya ada yang bersifat Yabsuth ( dilapangkan ) dan ada pula yang bersifat Yaqdir ( disempitkan ). Dalam Al Qur’an surat Ar Ruum : 37, dua sifat inilah yang akan senantiasa menyertai makhuknya dalam memperoleh segala kenikmatan yang diberikan Allah SWT.

Sungguh mustahil, jika makhluk Allah SWT (manusia) hanya diberikan rizqi berdasarkan sifat Yabsuth-nya ( dilapangkan ) saja. Sudah menjadi ketetapan dari Allah SWT, jika manusia diberikan kelapangan dalam satu hal, pasti Allah SWT akan memberikan kesempitan ( Yaqdir ) dalam ujian yang lainnya. Artinya dalam dua hal tersebut ( Yabsuth dan Yaqdir ), bagaikan 2 gambar mata uang yang tidak bisa dipisahkan, oleh karena itu pada keduanya Allah SWT sudah mempersiapkan segala bentuk ujian yang harus dilalui oleh setiap makhluknya (manusia).

Ada sebuah kisah nyata, yang mudah-mudahan dapat kita ambil hikmahnya sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua. Ada seorang laki–laki pengusaha yang Allah SWT uji dari segi hartanya. Tersebutlah laki–laki itu memiliki ruangan khusus tempat penyimpanan uang, sehingga ketika memerlukannya, laki-laki itu langsung mengambil di ruangan itu tanpa harus keluar rumahnya menuju Bank untuk mengambilnya. Bahkan ketika bermaksud untuk melakukan kunjungan pun ke rekan kerjanya di London, dia pergi dengan menggunakan pesawat pribadi yang telah disewanya tanpa memikirkan berapa besar biayanya, tidak hanya itu, sekedar makan siang pun laki–laki pengusaha itu langsung pergi dengan pesawat pribadinya menuju Singapura.

Itulah bentuk Yabsuth-nya ( dilapangkannya ) pengusaha ini dalam hal harta, akan tetapi di balik semua itu, Allah SWT mengujinya dalam hal Yaqdir ( kesempitan ) di dalam berumah tangga, dalam proses berumah tangganya tidak satupun istri yang telah dinikahinya bisa hidup lama dengan harmonis, dengan kata lain sampai usianya menginjak 50 tahunan, bahtera hidup rumah tangganya sering dibenturkan dengan perceraian.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: