Posisi wanita dalam islam

by

Satu hal yang penting dalam perjalanan sejarah umat manusia adalah adanya model manusia yang ideal sehingga konsep-konsep ideal tidak hanya konsep yang kosong yang tidak layak untuk diaktualisasikan, namun telah terbukti dalam sejarah. Di dalam islam konsep manusia sempurna yang manusia bisa melihat dan mencontoh dalam kehidupannya adalah sebuah konsep yang sangat penting, tanpa konsep ini maka gugurlah salah satu pondasi keyakinan di dalam islam. Dan realitasnya memang manusia selalu membutuhkan akan hal ini, hadirnya model manusia yang sempurna.

Di dalam sejarah islam hadirnya wanita suci yang tabah menderita dalam menyampaikan kebenaran, bersama auliya sering dijadikan parameter dalam mencari peran ideal wanita Islam. Selain Asiyah yang mampu mempertahankan imannya di istana Firaun, Sayyidah Maryam yang tabah menerima hujatan dan cemoohan karena melahirkan anak tanpa ayah, juga ada Sayyidah Khadijah yang tegar menerima hujatan para wanita Quraisy karena menikah dengan pemuda Muhamamd SAW.

Tidak ketinggalan Sayyidah Zahra putri Nabi yang berhasil memerankan posisi wanita muslimah di dua masa, masa ketika bersama Rasulullah dan masa setelah wafatnya Rasul yang tantangannya justru lebih besar. Sayyidah berhasil sebagai penyambung lidah Rasul, yang mengajarkan ilmu Islam kepada umat ayahnya, beliau juga berhasil berperan di wilayah sosial dan politik dan sempurna dalam membesarkan anak-anaknya sehingga menjadi pemuda-pemuda yang sempurna pula.

Begitu juga dengan Sayyidah Zainab putri az-Zahra, yang hidup dalam kemunafikan umat yang luar biasa, penindasan yang luar biasa untuk memadamkan api Mumahmmad, namun Beliau, Sayyidah Zainab, mempunyai nilai yangs sangat cemerlang dalam membongkar kedok-kedok kekufuran dan kemunafikan dihadapan penguasa yang sangat zalim sehingga cahaya nabi masih tersisa bekasnya.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: