Pengertian Amanah yang dititipkan Allah SWT kepada setiap Ummatnya

by

Dalam islam kita sebagai pemeluknya di anjarkan bagaimana kita bisa bertanggung jawab atas apa yang dititipkan kepada kita entah itu berupa harta, atau yang bersifat immaterial. Allah SWT sebenarnya telah menitipkan amanah yang begitu besar kepada kita dengan di berikannya harta yg cukup, anak-anak yang banyak, dan istri yang cantik dan sholehah. Ini merupakan amanat dari Allah SWT sebagai manifestasi bahwa Allah SWT akan menguji hambanya dengan memberinya amanat. Apakah amanat itu bisa di emban dengan baik, apakah sebaliknya hambanya menyia-nyiakan amanatnya yang Ia berikan.

Banyak orang yang telah dengan sengaja menyia-nyiakan amanat Allah SWT, seperti kasus-kasus yang sering terjadi di negeri kita indonesia, ibu membuang bayi, ayah memperkosa anak kandung atau ayah membuang bayi yang tidak berdosa padahal itu merupakan amanah dari Allah SWT yang wajib di jaga dan di didik sehingga kelak menjadi manusia yang beragama,taat pada Allah SWT dan menghormati orang tuanya yang membesarkannya dari kecil hingga ia dewasa.

Amanah, bagi sebagian orang mungkin bermakna kebanggaan karena ia datang sebagai wujud kepercayaan orang atas kemampuan kita dalam mengembannya. Sebagian lagi memaknainya sebagai anugrah karena dengannya kita punya otoritas untuk memerintah atau mengendalikan keadaan. Biasanya orang seperti ini akan begitu sombong dengan kekuasaannya. Sebagiannya lagi menganggap amanah adalah beban yang mematahkan pundak dan membuat kita tak punya waktu untuk diri sendiri (dan untuk menyelesaikan kuliah misalnya).

Biasanya, orang seperti ini kerap mengeluh dan mengkambing hitamkan amanah sebagai faktor penghambat kesuksesannya. Untuk orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan senang menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas, menjalin kerjasama, membangun teamwork building, amanah adalah hobby. Sesuatu yang dijalani dengan enjoy tanpa tendensi apa-apa, insya Allah kita akan menjadi orang yang dapat di percaya.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: