Menghormati tetangga

by

Dalam kehidupan bermasyarakat, ada pihak-pihak yang perlu kita hormati yaitu tetangga dan tamu, selain keluarga dekat tentunya. Tetangga merupakan orang-orang terdekat kita dalam berbagi bahagia dan duka karena kita memang tak dapat hidup sendiri, kita membutuhkan orang lain. Dalam suasana bahagia merayakan Idul Fitri, tetangga merupakan prioritas utama untuk dikunjungi. Idul Fitri terasa sepi bila kita berada jauh dari tetangga, dan bila tanpa tamu datang berkunjung.

Islam mengajarkan ummatnya untuk menghormati tetangga dan tamu, siapa pun mereka, termasuk mereka yang berlainan agama. Sebagai sesama manusia, kita perlu saling menghormati. Tamu yang datang perlu disambut dengan baik, meskipun tamu itu datang pada waktu-waktu yang kurang layak untuk bertamu, ketika kita sedang istirahat misalnya.

“Barangsiapa beriman kepada Allah SWT dan Hari Akhir, maka hendaklah dia menghormati tetangganya. Dan barangsiapa beriman kepada Allah SWT dan Hari Akhir maka hendaklah dia menghormati tamunya.”, demikian arti dari satu hadis riwayat Muslim. Hadis tersebut menunjukan bahwa nabi sangat menekankan pentingnya berhubungan dengan tentangga dengan biak, harmonis dan jauh dari sifat permusuhan. Tetangga merupakan orang yang pertama kali mengetahui kesusahan kita, memberikan pertolongan di saat kita butuh dan memberikan perhatian disaat kita sedang sakit, oleh karena itu betapa pentingnya menghormati tetangga ucap nabi dalam hadisnya mengatakan “orang yang naik haji berkali-kali sementara ada salah seorang tetangganya yang kelaparan, sungguh dia lebih baik menolong tetangganya yang pahalanya sama seperti ibadah yang dia kerjakan berulang-ulang, itulah mengapa nabi saat menganjurkan kita menjaga hubungan baik kepada tetangga kita.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: