Pentingnya menerapkan sifat Qona’ah dalam kehidupan kita sehari-hari

by

Qona’ah adalah amalan hati, sederhana diungkapkan tapi belum tentu mudah prakteknya. Terlalu banyak godaan yang membuat kita merasa “rumput tetangga selalu lebih hijau”. Sepele sebenarnya, tapi siapa saja bisa mengalaminya, termasuk para sahabat Rosulullah. Parahnya, hal sepele ini bisa membuat orang merasa apatis terhadap kehidupan, bahkan akhirnya benar-benar gagal.

Rosulullah mengajarkan kepada ummatnya agar senantiasa qonaah dalam kehidupan sehari-hari. Qona’ah merupakan sikap positif menerima apa adanya pemberian dari Allah dengan ikhlas dan bersyukur tanpa rasa mengeluh sedikitpun Ketika kita menjalani sebuah kehidupan di dunia ini, tak luput setiap orang dihadapi oleh segenap permasalahan, dan tanpa banyak kita sadari munculnya masalah tadi itu berasal dari diri kita sendiri. Ini tak lain karena dalam diri kita selalu terjadi pergolakan antara nurani yang dibimbing oleh wahyu dan hawa nafsu yang tak pernah henti mengganggu kita yang berasal dari setan yang terkutuk. Nurani yang selalu berbicara dan mengajak diri kita untuk mengikuti kebenaran sedangkan hawa nafsu selalu menyeret kita pada lembah kenistaan. Dua kekuatan ini yang disinyalir dalam Al-Qur’an sebagai ciri dari hakekat manusia.

Namun dibalik itu semua adalah ladang untuk berlomba-lomba dalam mencapai kebahagiaan hidup. Ketika nurani yang unggul dengan mengikuti kebenarannya, maka kebahagiaanpun diraihnya dan apabila hawa nafsu yang menjadi komandannya niscaya kesengsaraan dan kesusahan yang akan diperolehnya. Kebahagiaan yang dimaksud adalah kemampuan untuk mengikuti kebenaran yang padanya ketenangan jiwa dapat dirasakan. Karena kebahagiaan tidak selalu identik dengan kemewahan sebagaimana kemenangan tidak selalu identik dengan kebenaran. Rasulullah mendefinisikan kebenaran dengan sesuatu yang menjadikan hati tenang beribadah kepada Allah SWT, semoga kita termasuk orang2 yang qona’ah.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: